BOP PERDANA HONGKONG

BOP PERDANA HONGKONG
pemberitahuan bagiseluruh member yg berada di hongkong silahkan untuk bergabung dlm pertemuan rutinn di LOCATION NTHAN HOTEL.KOWLON.HONGKONG trimakasih

ROAD TO SINGAPURE

ROAD TO SINGAPURE

Selasa, 22 Juni 2010

MERAWAT COMPUTER

Virus/Worm

Virus komputer adalah program-program komputer yang dibuat dengan tujuan tujuan-tujuan tertentu,
pada umumnya virus merusak system oprasi,aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi.virus dapat menyebar melalui banyak media, antara lain, : e-mail disket, CD, USB drive, Flash memory, program dari internet, maupun jaringan, dan juga dari halaman situs yang jahat,.

Beberapa Contoh Dampak Dari infeksi Virus:
* komputer menjadi tidak stabil dan sering hang' (macet)
* komputer menjadi lambat.
* data di hardisk terhapus.
* program aplikasi tidak dapat di gunakan.
* yang mirip dengan virus adalah worm yang dibuat untuk dapat menyebar dengan cepat kebanyak komputer, walaupun umumnya worm tidak menimbulkan kerusakan seperti virus, namun worm dapat digunakan untuk membawa berbagai macam muatan/attachment termasuk yang berbahaya.

 KIAT - KIAT PENGAMANAN
Gunakan anti virus  ter update di komputer anda, dan pastikan bahwa komputer anda di scan secara real-time,
- Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
- Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer Anda atau instal personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan PC Anda.
- Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mendownload file/program-program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
- Scan file-file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
- Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

3. Spyware


Spyware adalah sejenis komputer program yang diprogram untuk ’mencuri’ informasi-informasi penting/pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuatnya. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit, User ID dan PIN/password, nomor rekening, alamat e-mail, dan lain-lain.
Spyware dapat terinstall melalui e-mail attachment, program yang diinstall dari sumber-sumber yang tidak jelas, ataupun oleh web site yang ’jahat’.
Virus dapat diprogram untuk menyebarkan spyware. Namun, berbeda dengan virus yang sifatnya lebih merusak, spyware bekerja secara diam-diam agar tidak terlacak sehingga lebih mudah mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar spyware.
Kiat-kiat pengamanan:


Pengamanan terhadap spyware sama dengan pengamanan terhadap virus/worm.
4. Bot (roBot)
Bot adalah sejenis komputer program yang apabila terinstal di PC Anda, dapat menyebabkan PC Anda dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan dapat melakukan apa saja dengan PC Anda.
Umumnya PC-PC yang telah terkontrol (dikenal sebagai Botnet) digunakan untuk mengirim SPAM, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain yang terkoneksi ke jaringan.
Kiat-kiat pengamanan:


Pengamanan terhadap spyware sama dengan pengamanan terhadap virus/worm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar